Search

Risalah Do'a Bulan Puasa

Do'a Menjelang Puasa

اللَّهُمَّ سَلِّمْنِي لِرَمَضَانَ وَسَلِّمْ رَمَضَانَ لِي وَتَسَلَّمْهُ مِنِّي مُتَقَبَّلا

Ya Alloh, selamatkanlah aku untuk (melaksanakan ibadah) di bulan Ramadhan, dan selamatkanlah bulan Ramadhan untukku, dan bereskanlah segala ibadah di bulan ini sebagai amal yang diterima. (Kitabud Du'a lit Tabrany, I: 284; Musnad As Syaasyi, II: 288; Kanzul umal VIII: 584 no. 24277; Ad Daelamy dengan sanad Hasan).

Do'a Berbuka Puasa

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- إِذَا أَفْطَرَ قَالَ « ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ ».

Rasulullah SAW. Apabila berbuka puasa beliau berkata, " ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ" (Rasa haus dahaga telah sirna, kerongkongan telah tidak kering lagi, dan Insya Alloh pahala telah dapat). (Sunan Abu Dawud, II: 278; Hasan Shahih).

Imam Razin menambahkan lafal الحمد لله pada awal hadits. (Al Jazary dalam Jami'ul Ushul, VII:248/ Misykaatul Mashabih, VI: 942).

Rasulullah saw. bersabda, "apabila salah seorang di antara kamu makan, maka katakanlah :
" اللهمَّ بارِكْ لنا فيه, وأطعمنا خيراً منه" "Allohumma Baarik lanaa fiehi wa ath'imnaa khairan minhu" (Shahih Abu Dawud no. 3730; Jami' shahih al azkar lil Albany, IX: 6).

Do'a lain :
اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ

Ya Alloh, untuk-Mu aku berpuasa, dan dengan rizki-Mu aku berbuka. (Aunul Ma'bud, VI: 483, hadits Mursal).

Adapun tambahan do'a

اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ فَتَقَبَّلْ مِنِّي إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيْعُ اْلعَلِيْمُ

Maka riwayatnya adalah lemah sekali. (Faedul Qadir, syarah al jami' shagir, V:136)
Kata Al Qaary : Adapun do'a yang masyhur di kalangan masyarakat dengan tambahan "وبك آمنت" adalah tidak bersumber walaupun maknanya bagus apalagi talaffuz binniyat. (Misykaatul Mashabih, VI: 944).

0 comments:

Post a Comment